Oleh: inoors | 16 Desember 2008

Kewajiban Suami Istri Terhadap Anak

KEWAJIBAN SUAMI ISTRI TERHADAP ANAK

  1. Membentengi dari syaithan,

anak-perjuanganBersabda Rasulullah saw :

لو أن أحدكم اذا أتي أهله قال : “ بسم الله اللهم جنبنا الشيطان و جنب الشيطان ما رزقتنا “ فان قدر بينهما ولد لن يضره ذلك الولد الشيطان أبدا

Artinya : “ Apabila salah seorang darimu ketika mendatang istrinya membaca : dengan nama Allah, ya Allah, jauhkanlah kami dari syetan dan jauhkan syetan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami, maka apabila ditakdirkan mempunyai anak, syetan tidak akan membahayakan anaknya “ ( HR. Bukhori dan Muslim )

  1. Bergembira atas kelahiran, lihat QS. 11 : 69-71 / 3 : 39 / 16 : 58-59

Artinya : Dan Sesungguhnya utusan-utusan kami (Malaikat-malaikat) Telah datang kepada lbrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan: “Selamat.” Ibrahim menjawab: “Selamatlah,” Maka tidak lama Kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang. Maka tatkala dilihatnya tangan mereka tidak menjamahnya, Ibrahim memandang aneh perbuatan mereka, dan merasa takut kepada mereka. malaikat itu berkata: “Jangan kamu takut, Sesungguhnya kami adalah (malaikat-ma]aikat) yang diutus kepada kaum Luth.” Dan isterinya berdiri (dibalik tirai) lalu dia tersenyum, Maka kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang (kelahiran) Ishak dan dari Ishak (akan lahir puteranya) Ya’qub. (QS. Huud : 69-71)

  1. Adzan dan Iqomah di telinga, sebagaimana yang diriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda :

من ولد له مولود فأذن في أذنه اليمني و أقام في أذنه اليسري لم تضره أم الصبيان

Artinya : “ Barang siapa yang lahir baginya seorang bayi, kemudian ia adzan di telinga kanan dan iqomah di telinga kiri, maka ummu shibyan tidak akan membahayakannya “ ( HR. Baihaqi )

  1. Berdo’a dan mentahnik ( mengoleskan kurma yang sudah dikunyah atau madu di langit-langit mulutnya ). Adalah Abu Musa ketika putranya lahir, dibawalah kepada Rosulullah saw, maka Rosulllahpun memberikan nama Ibrohim kepadanya, mentahniknya dan mendo’akannya dapa kebaikan “ ( HR. Bukhori dan Muslim )

  1. ‘Aqiqoh
  2. Memberikan nama yang baik
  3. Mencukur rambut dan bershodaqoh

كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عند يوم سابعه و يحلق و يسمي

Artinya : “ setiap anak tergadai dengan aqiqohnya, disembelih pada hari ketujuh, kemudian dicukur rambutnya dan diberi nama “ ( HR. Tirmidzi,Nasaii dan Ibnu Majah )

  1. Khitan, bersabda Rasulullah saw :

الفطرة خمس : الختان و الاستحداد و قص الشارب و تقليم الأظافر و نتف الابط

Artinya : “ Sunnah fitroh ada lima : khitan, mencukur bulu kemaluan, mencukur kumis, memotong kuku dan mencabut bulu ketiak “ ( HR. Bukhori dan Muslim )

  1. Menyusui, berfirman Allah :

Artinya : “ Para ibu hendaklah menysukan anak-anaknya dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan .. “ ( QS. 2 : 233 )

  1. Nafkah,

Sebagaimana sabda Rasulullah saw kepada Hindun, ketika mengadu bahwa suaminya tidak memberi nafkah yang cukup, apakah diperkenankan untuk mengambil harta suaminya :

خذي ما يكفيك و ولدك بالمعروف

Artinya : “ Ambillah ( dari harta suamimu ) yang bisa mencukupimu dan anakmu denga cara yang baik “

  1. Mendidik, firman Allah :

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. “ ( QS. 66 : 6 )

  1. Menikahkan, firman Allah :

Artinya : Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. “ ( QS. 24 : 32 )

Ditulis Oleh : Ust. H. Agung Cahyadi, MA. (Materi dalam program Islamic Short Course Menengah, Pusda YDSF 2008)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: